img_head
BERITA

Teleconference Dengan KMA LapTah Mahkamah Agung RI Tahun 2018

Mar19

Konten : berita Informasi
Telah dibaca : 22 Kali


Merauke (28/02/2019) – Laporan Tahunan yang diselenggarakan Mahkamah Agung periode kerja 2018 di Jakarta Convention Center JCC), Jakarta, Rabu (27/2/2019) terasa mewah dan elegan. Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK) juga hadir dalam laporan bertajuk "Era Baru Pengadilan Modern Berbasis Teknologi Informas" ini. Di saat bersamaan digelar pula pameran ‘Kampung Hukum’ yang didukung oleh seluruh stake holder serta 4 Direktorat Jenderal Badan Peradilan. Dalam kesempatan ini juga digelar Teleconference antara Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan 4 Pengadilan Negeri yaitu Pengadilan Negeri Sabang, Pengadilan Negeri Manado, Pengadilan Negeri Penajam dan Pengadilan Negeri Merauke.

Pelaksanaan Teleconference Pengadilan Negeri Merauke sendiri diselenggarakan di Ruang Sidang Cakra. Persiapan Teleconference telah dimulai sejak pukul 09.00 WIT dan baru  dimulai setelah Sidang Istimewa pembacaan Laptah MA RI oleh ketua Mahkamah Agung YM Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali. Hadir dalam Teleconference Ketua Pengadilan Negeri Merauke, Jajaran Hakim, Panitera dan Plh. Sekretaris serta semua Pejabat Struktural dan Fungsional dengan dilengkapi beberapa perwakilan staf/pegawai.

Dari dialog dua arah melalui fasil`itas Skype yang merupakan program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) dapat ditarik beberapa pesan. Pesan pertama berasal dari Ketua Mahkamah Agung RI yang mengapresiasi pelaksanaan pembaharuan peradilan MA melalui Teknologi Informasi dalam hal ini inovasi berupa peradilan berbasis elektrik (E-Court) yang telah tersedia 100% di seluruh peradilan tingkat pertama 4 (empat) lingkungan peradilan di Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tantangan dunia peradilan saat ini semakin kompleks sehingga semua peradilan di semua tingkatan harus melakukan upaya sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.

  • Galeri